Satu Tahun Eksekusi Mati Bali Nine dan Jejak Gangster WN Nepal Gale

0

JAKARTA, gomediaku.com-Selain menyimpan misteri seorang perempuan bernama Cherry Likit Bannakorna, kasus Bali Nine juga menyisakan jejak gangster asal Nepal, Man Singh Gale. Jika Cherry lenyap bak ditelan bumi, Gale ditembak mati beberapa hari setelah komplotan Bali Nine dibekuk.

Komplotan Bali Nine dibekuk pada April 2005 di Bandara I Gusti Ngurah Rai saat hendak terbang ke Australia. Dari tubuh anggota komplotan itu, ditemukan lilitan plester yang berisi paket heroin. Polisi tidak diam sampai di situ dan memburu jaringan ini.

Salah satu yang dikejar BNN di antaranya adalah Gale. Siapakah Gale? Ia pernah ditangkap Polsek Tambora karena memiliki senjata api serta heroin hingga dihukum 4 bulan penjara. Setelah keluar dari penjara, Gale kembali beraksi dan berusaha menyelundupkan 16 kg heroin bersama tiga rekannya ke AS dan Inggris pada tahun 2000. Tiga rekannya itu ditangkap sedang Gale berhasil kabur.

Akhirnya Gale dibekuk di rumahnya di Taman Wisma Asri, Blok G, RT 04/22 No 7, Kelurahan Teluk Bejung, Bekasi Utara, pada 27 April 2005, sekitar pukul 14.15 WIB. Di rumah tersangka, yakni di bawah tempat tidur, ditemukan senjata api jenis FN, 500 gram heroin, 276 gram kokain, 750 gram heroin, 500 butir ekstasi. Dalam penangkapan itu, Gale berusaha kabur sehingga aparat melepaskan timah panas ke tubuh Gale. Polisi langsung melarikan ke RS tetapi nyawa Gale tidak tertolong.

BNN memburu Gale karena diyakini merupakan jaringan Bali Nine sebagaimana dikatakan Ketua Pelaksana Harian BNN Komjen Pol Sutanto.

”Tapi apakah barang yang diterima sembilan orang ini dikirim dari Jakarta, sedang dalam penyelidikan lebih lanjut dan detail,” kata Sutanto kepada wartawan di Kantor Gubernur Bali, Jalan Basuki Rahmat, Denpasar, sehari setelah penembakan Gale, sebagaimana dilansir detik.com.

Baca Juga  Arogan Minta Bos Garuda Dipecat, Menteri Marwan Pantas Dicopot

10 Tahun berlalu, dedengkot Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dieksekusi mati di Nusakambangan, pada 29 April 2015. Tapi hingga hari ini, Jumat (29/4/2016) penyelundupan 8,2 kg heroin itu masih menyimpan misteri, salah satunya adalah apa peran Gale sesungguhnya.

Selain itu, dari manakah heroin itu berasal? Dan disuruh siapakah perempuan yang membawa heroin itu, Cherry, karena jejaknya langsung tidak terlacak usai Bali Nine dibekuk? (ee)

(f: dtc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini