Penyaluran Bansos dan Hibah Rohul Jangan Pilih Kasih

0

ROHUL, gomediaku.com-Pemkab Rokan Hulu diminta serius dan tidak pilih kasih dalam menyalurkan dana bantuan sosial (Bansos) dan hibah agar terhindar dari penyalahgunaan.

Menurut Pengamat Media sosial, Hardizon, S.si, Apt, pengelolaan dan penyaluran dana hibah dan bansos harus mengacu pada Permendagri 32/2011 yang telah diubah menjadi Permendagri 39/2012. yang harus berpegang pada asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat yang luas bagi masyarakat.

”Kita merasa prihatin dengan terbongkarnya ”permainan” penyaluran dana bansos dan hibah di berbagai daerah lain, yang sarat muatan politik dan banyak menyalahi aturan, kita tidak ingin itu terjadi di Rohul,” kata Hardizon.

Disebutkannya, dana bansos dan hibah sangat rawan disalah gunakan penyalurannya melalui proposal dan lembaga fiktif oleh jaringan yang disinyalir juga melibatkan orang dalam pemerintahan sendiri.

”Itu Yang terjadi di Sumut kemarin, sehingga pejabat tinggi daerah dan anggota dewannya jd tersangka,” tandas pria yang akrab disapa Ongah Econ dan dikenal kritis itu.

Dijelaskan, penyaluran dana bansos dan hibah harus steril dari kepentingan pribadi dan kelompok serta kepentingan politik dari unsur pemerintah daerah.

Karena itu, semua pihak di Rohul, seperti tokoh masyarakat, LSM dan Media Massa harus pro aktif mengawasi penyaluran dana Bansos dan hibah itu.

”Selama ini yang disinyalir terjadi justru penyaluran dana bansos dan hibah terkesan dilaksanakan terkait dengan pelaksanaan Pilkada atau agenda politik tertentu lainnya sang penguasa,” pungkas Ongah Econ lagi. (Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini