Demo Mahasiswa UPP Rohul Tuntut Pilkada Bersih Tanpa Politik Uang

0

ROHUL, gomediaku.com-Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Rokan Hulu (Rohul) melakukan aksi damai,  menuntut tiga pasangan calon (Paslon) yang akan maju pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 di Rohul untuk tidak melakukan politik uang.

Demo ratusan massa yang dikoordinir Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPP Rohul di Perempatan Taman Kota Pasirpangaraian, Rabu (18/11) siang, berlangsung damai.

Menurut Koordinator Lapangan Aksi, Afrizal, Pilkada merupakan momentum seleksi pemimpin yang akan menakhodai Pemkab Rohul untuk lima tahun mendatang atau periode 2016-2021.

Dengan diberlakukan Pilkada Bersih, ke depan akan terpilih pemimpin yang berkualitas yang bisa bekerja dalam membawa kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

”Dengan demikian, seluruh stake holder yang terkait dengan penyelenggara Pemilu harus bertanggungjawab dan berperan secara aktif dalam menciptakan Pilkada serentak yang bersih dan berkualitas,” tegas Afrizal.

Afrizal yang juga Presiden Mahasiswa UPP Rohul menyampaikan tiga penyataan sikap agar pelaksanaan Pilkada berjalan bersih dan berkualitas.

Tiga pernyataan sikap massa aksi, yakni mendesak KPU Rohul, Panwas Rohul dan Pemkab Rohul untuk secara aktif mengkampanyekan Pilkada bersih.

Kedua, mendesak KPU Rohul, Panwas Rohul, dan Pemkab Rohul untuk secara luas mensosialisasikan tentang bahaya politik uang dalam Pilkada.

”Ketiga, kami akan secara aktif mengawal Pilkada Rokan Hulu melalui Gerakan Pilkada bersih dan berkualitas, sehingga terpilih pemimpin yang bisa memajukan daerah ini,” tegasnya.

Ia mengatakan dalam mengawal Pilkada bersih, BEM UPP Rohul membuka Posko Pengaduan selama 24 jam. Bagi warga yang mengetahui ada praktik politik uang, bisa melaporkan kecurangan.

Afrizal menambahkan, selain menuntut Pilkada bersih kepada penyelenggara, BEM UPP Rohul juga akan membuat kesepakatan dengan tiga Paslon agar menerapkan Pilkada Rohul yang bersih dan berkualitas.

Sayangnya aksi damai mahasis UPP tersebut tanpa pemberitahuan kepada kepolisian, sehingga Saat demo berlangsung, Kasat Intelkam Polres Rohul, Iptu Adityia sempat berpidato memperingatkan mahasiswa, bahwa aksi damai yang dilakukan harus memberitahukan kepada kepolisian. (Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini