Wabup Erianda Hadiri Wisuda 30 Santri Ponpes Al Muhsinin Rimba Melintang

0

RIMBA MELINTANG, gomediaku.com-Wakil Bupati Rohil Erianda SE, menghadiri wisuda 30 santri angkatan VIII Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muhsinin Rimba Melintang, Senin (11/5). Tiba di Ponpes, Erianda disambut hangat pimpinan Pondok Drs. H Amiruddin, para guru, santri serta wali murid.

”Memang bantuan yang diberikan tahun lalu kepada Ponpes Al Muhsinin melalui Kabag Kesra terkendala dan tak bisa dicairkan. Namun, tahun ini kita harapkan sudah bisa disalurkan,” ujar Erianda. Kita juga sangat mendukung di ponpes ini rencananya akan dibangun musholla. ”Bahkan bukan tidak mungkin kedepan juga akan kita dirikan sekolah tinggi di Kecamatan Rimba Melintang,” kata Erianda saat memberikan kata sambutannya di Acara Wisuda Santri Ponpes Al Muhsinin.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Rohil, Agustiar S.Ag menyarankan kepada 30 santri yang diwisuda hendaknya melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. ”Jika tidak bisa kuliah jauh diluar Rohil, kan masih bissa melanjutkan pendidikannya di STAI Ar-Ridha, STAIR Bagan Batu dan Stair Aswaja Kubu,” kata Agustiar.

Senada, Camat Rimba Melintang H Syamzami juga mendukung pihak ponpes untuk mendirikan musholla. ”Rencana untuk mendirikan musholla sangat kami dukung, tapi kalau untuk masjid tunggu dululah, nanti sepi jemaah masjid raya. Karena, kalau setiap jumat para santri dari pondok ini berjejer pergi kemasjid raya, bahkan mereka menjadi khatib secara bergantian,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al Muhsinin Amiruddin mengungkapkan, saat ini bagian depan pondok ini dilakukan penimbunan memerlukan biaya Rp40 juta, namun saat ini baru terbayar Rp15 juta butuh tambahan dana lagi. ”Memang tahun 2014 lalu kita telah mengusulkan bantuan melalui Kabag Kesra Alkan, tapi ak bisa dicairkan,” katanya.

Baca Juga  Wabup Alfedri: Kejarlah Pendidikan Setinggi Mungkin

Masih kata Amiruddin, di pondok ini juga bisa dikembangka untuk mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI), karena saat ini lahan seluas 1,6 Ha masih kosong. ”Kita juga berharap di ponpes ini juga dibangun STAI, hal itu bertujuan agar masyarakat cerdas dan tak muda ditipu,” pintanya.

Selain itu, tambah Amir, musholla yang ada saat ini sudah sempit dan perlu penambahan baru. ”Disisi pondok ini ada tanah yang bisa membangun musholla 25 x 25 meter, nah kalau satu tingkat bisa menampung jemaah 800 orang. Makanya kami berharap juga dukungan dari pemkab Rohil,” harapnya. (Andi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini