Siak Kembali Raih Juara I Kelompok BKB dan Pengelola

0

SIAK, gomediaku.com-Sejak tahun 2005 yang lalu hingga saat ini Kelompok dan Pengelola BKB Kabupaten Siak telah banyak meraih prestasi baik di tingkat Propinsi maupun di tingkat Nasional. ”Alhamdulillah kita (Kabupaten Siak) kembali meraih prestasi yang membanggakan, kerja keras kita selama ini membuahkan hasil,” kata Hj. Misnarni Syamsuar.

Dengan wajah yang berseri-seri Ia menceritakan, keberhasilan Kelompok BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib dan saya sebagai Pengelola, tak luput dari kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak. ”Saya berharap kepada kelompok BKB Pelita Hati dapat menularkan program-program nya kepada kelompok BKB yang lain,” harapnya.

Peran dari kader BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib sangat aktif, mereka rutin melakukan pembinaan untuk orang tua mulai dari pos yandu dan Paud. Selain dari BKB Iqra’ BKB lingkungan kelompok BKB Pelita Hati tersebut sudah melaksanakan BKB Gemari (gemar makan ikan) mulai dari usia dini sudah di kenalkan mengkonsumsi ikan.

Untuk kelancaran kegiatan lanjutnya, Tim Penggerak PKK dan Pokjanal BKB Kabupaten Siak telah dilakukan beberapakkebijakan yang dapat mendukung keberhasilan program tersebut antara lain; kami melakukan pembinaan dan mengarahkan melalui kunjungan langsung kelapangan, mendorong dan memantapkan peran serta masyarakat untuk dapat mendukung dan mengambil bagian dalam melaksanakan program serta menjalin kerjasama dengan lembaga teknis.

Adapun strategi kami adalah menjadikan program TP PKK dan Pokjanal BKB sebagai program yang utama serta menjadikannya sebagai bagian yang integral dan mendorong tumbuhnya gagasan dan inovasi dalam pencapaian hasil program tersebut, jelasnya.

Ia menambahkan, Program Bina Keluarga Balita ini bertujuan untuk meningkatkan peranan orang tua serta anggota keluarga lainnya dalam mengushakan sedini mungkin pembinaan tumbuh kembang anak balita sesuai dengan usia tahap perkembangannya.

Tim penilaian telah melakukan pengamatan langsung terhadap kelompok BKB dan Pengelola BKB di kabupaten/Kota sejak tanggal 21 s/d 30 Oktober 2015 yang lalu dan dilakukan penilaian secara seksama sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan pada formulir penilaian. Kegiatan ini dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke 87 tahun 2015.

Selanjutnya saya berharap BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib mewakili provinsi Riau pada tingkat nasional dan mudah-mudahan dapat meraih juara I, tapi yang lebih penting adalah menambah pengetahuan kesadaran dan keterampilan ibu dan anggota keluarga dalam mendidik anak sejak usia dini.

Sementara itu kepala BP3AKB Kabupaten Siak H Arfan Usman menambahkan bahwa Kabupaten Siak meraih peringkat pertama pada kategori kelompok BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib dan Pengelola BKB terbaik pertama berdasarkan hasil penilaian Tim secara seksama terhadap kelompok BKB dan Pengelola BKB di Kabupaten/Kota se Provinsi Riau yang tertuang dalam Surat Keputusan Perwakilan BKKBN Provinsi Riau nomor 3169/TU. 302/J4/2015.

Keberhasilan kelompok BKB Pelita Hati tidak terlepas dari dukungan dan binaan TP PKK kabupaten Siak, kata Arfan. Pemenang pengelola kelompok BKB yang juga selaku Ketua Pembina BKB Kabupaten Siak berhasil melalukan terobosan-terobosan dan inovatif untuk memperhatikan tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah mensosialisasikan dan melaksanakan BKB Gemari (gemar makan ikan).

Pihaknya telah melakuan penyeleksian dari tingkat bawah kemudian terpilihlah kelompok BKB Pelita Hati Kampung Rantau Panjang Kecamatan Koto Gasib mewakili Kabupaten Siak di tingkat provinsi Riau. Selain itu timnya terus memberikan perhatian dan wawasan serta motivasi kepada kader BKB yang ada di kabupaten Siak. (rls)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini