Jumat, 21 Januari 2022

DBH Dipangkas, Bupati Rohul Usulkan Dana Bantuan ke Pemprov Rp250 M

Date:

ROHUL, gomediaku.com-Turunnya Harga Minyak Dunia ternyata dirasakan dampaknya oleh Pemprov Riau serta sebagian Kabupaten di Provinsi Riau. Akibat turunya harga minyak dunia tersebut, Pemerintah Provinsi riau dan sejumlah kabupaten kota, terpaksa harus melakukan Optimalisasi Anggaran karena berkurangnya pendapatan dari Dana Bagi Hasil (DBH) Migas dari Pemerintah pusat.

Salah satu kabupaten Kota di Provinsi Riau yang yang terkena imbas turunya DBH Migas adalah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Bupati Rohul Drs.H.Achmad menyebutkan bahwa Akibat turunya harga minyak dunia ini, Pihaknya harus melakukan Optimalisasi anggaran hingga mencapai 293 M.

Dijelaskan Achmad, pada awalnya Prediksi awal harga minya dunia di APBN di patok sebesar $ 95/ per barel, namun pada kenyataanya harga minyak dunia melorot di kisaran harga $ 45-50/per barel. Akibat turunya Penerimaan DBH ini, sejumlah kegiatan yang dianggarkan dalam APBD-Murni 2015, belum bisa berjalan, meski sudah di selesai proses pelelanganya.

”Penurunan DBH ini yang mempengaruhi secara keselurhan keadaan Anggaran kita,” ujar orang no satu di rohul itu, usai di temui usai kegiatan aple gabungan serta halal bihalal dengan Aparatur dan juga pejabat di lingkungan Pemkab Rohul.

Achmad mengaku, dirinya sebagai Bupati sudah melakukan komunikasi dengan PLT Gubri Arsyad Juliandi Rahman untuk meminta bantuan tambahan dana sebesar 250 M ke pemerintah provinsi riau, karena berdasarkan undang-undang hal itu di perbolehkan.

Apalagi berdasarkan informasi yang didapatkanya, saat ini, sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) Provinsi riau tahun 2014 tergolong besar. dengan adanya bantuan pemprov riau ke kabupaten kota diharapkan bisa membantu realisasi penyerapan Anggaran Pemprov riau di tahun 2015 ini.

”Kita sudah dua kali menyurati PLT gubri, insya allah dalam waktu dekat ini PLT gubri bisa membantu, karena dalam undang-undang pemerintahan yang lebih tinggi bisa membantu pemerintahan dibawahnya, apalagi itu juga bisa membantu serapan dana pemerintah provinsi,” harap Achmad.

Baca Juga  Warga Ujungbatu Temukan Peledak Jenis Mortir

Achmad mengharapkan, PLT Gubri, bisa segera merealisasikan Bantuan dana sebesar 250 M tersebut, sehingga rencana pembangunan yang sudah di anggarkan pada APBD Rohul Murni 2015 bisa terealisasi 100 persen. dia juga berharap, agar, optimalisasi anggaran yang disebabakan karena turunya perolehan DBH Migas tidak terlalu di bebankan kepada kabupaten, sehingga berdampak terhadap pembangunan di kabupaten kota. (Yus/Adv/Hms))

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Ajang Perdana Silaturahmi, Keluarga Besar PK KNPI Kecamatan Kulim Berbagi

PEKANBARU - Ajang Perdana silaturahmi dan berbagi bersama keluarga...

Sudah Vaksin Booster. Apa Bakal Vaksin Lagi? Ini Jawaban Kemenkes

Jakarta - Sejak Rabu (12/1/2022), pemerintah  sudah mulai melaksanakan...

Di Guyur Hujan Sebelum Tanam Jagung Dengan Dinas Ketapang Pekanbaru, Berkah Bagi KWT Bucer

Pekanbaru, - Kelompok Tani Bunda Ceria (BUCER) Kelurahan Sialang...

Bantu Tenaga Guru Bantu, Gubri Minta Disdik Riau Siapkan BPJS

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi...