Berbagai Upaya Dilakukan Pemkab Rohil untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

0

PEMERINTAH Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil) akan fokus untuk membenahi pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang kesehatan. Pembenahan itu dilakukan dengan cara melengkapi berbagai sarana dan prasarana baik fisik maupun non fisik. Meski demikian, bukan berarti dalam bidang lainnya seperti pelayanan infrastruktur jalan dan jembatan ditinggalkan, akan tetapi tetap dilakukan pembenahan secara bertahap, termasuk di bidang pendidikan.

“Kita tetap berkomitmen untuk membenahi seluruh sektor pelayanan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal ini lain tidak lain tujuan utamanya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Rohil, baik itu di bidang pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan lainnya sebagainya,” kata Bupati Rohil, H Suyatno Amp.

Semua pembenahan pelayanan ini dilakukan setiap tahunnya hingga persoalan itu bisa mendekati angka beberapa persen dalam pelaksanaan penuntasannya. Setelah berbagai ruas jalan dan jembatan sudah mantap, maka akan dilanjutkan ke bidang kesehatan dan pendidikan yang sampai saat ini masih juga terus berjalan.

Hingga tahun 2016 ini Pemkab Rohil akunya terus melakukan pembangunan Puskesmas Rawat Inap (PRI) di 18 kecamatan yang ada di Rohil. Bahkan, di setiap PRI itu kita sediakan ruangan khusus untuk keluarga (VIP) agar masyarakat yang berobat lebih nyaman. Namun demikian kita tentunya terlebih dahulu melengkapi berbagai fasilitas termasuk tenaga dokter spesialis yang saat ini masih kurang.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp meninjau pembangunan jalan lintas pesisir dari Tugu Elang, Batu Enam menuju jalan lingkar ke Pelabuhan Nelayan Bagansiapiapi. Jalan lingkar sepanjang 6 km itu rencananya disiapkan sebagai jalan alternatif menuju ke Kota Bagansiapiapi.

“Saat ini jalan yang menyisiri pesisir saat ini sedang di timbun restu (Aucas-red). Dimana jalan lintas pesisir ini dibangun sebagai sarana untuk mempercepat terbukanya daerah terisolir menuju Kota Bagansiapiapi,” kata Suyatno.

Pemkab Rohil katanya akan memfoskuskan kembali pembangunan jalan lintas pesisir yang dilaksanakan dengan sistem tahun jamak atau Multiyears. “Meski tahun ini terjadi defisit anggaran mencapai Rp812 miliar, kita tetap melaksanakan pembangunan jalan lintas pesisir,” janji Suyatno.

Pembangunan jalan lintas pesisir sebagai jawaban atas perbaikan infrastruktur jalan yang saat ini masih buruk dibeberapa kecamatan di Rokan Hilir. “Misalnya jalan penghubung yang menjangkau ke arah Pedamaran II Kecamatan Pekaitan, kecamatan Kubu, kecamatan Kubu Babussalam hingga ke Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas (palika),” jelasnya.

Bupati berharap dengan sistem Multi Years diharapkan kualitas jalan yang dibangun sangat baik dan kuat apalagi mengingat lalu lintas masyarakat, jasa transportasi serta angkutan hasil perkebunan sangat tinggi dijalur tersebut. Pembangunan jalan lintas tersebut sudah menjadi komitmen pemkab untuk perbaikan infrastruktur yang menyeluruh, begitu juga dukungan dari anggota dewan.

Selain itu, Pemprop Riau juga akan mengucurkan bantuan sekitar Rp142 miliar, tentunya kita usulkan untuk program skala prioritas pembangunan infrastruktur jalan seperti Jalan Simpang Pujud-Bagan Sinembah, termasuk jalan lintas Bagan Sinembah-Simpang Kanan juga rusak parah. Jalan lintas seperti ini yang harus jadi prioritas kita bersama kedepannya.

Infrastruktur berbagai jalan yang ada di Kabupaten Rohil, termasuk jalan dua jalur disemua kecamatan bakal segera ditingkatkan. Dengan adanya peningkatan infrastruktur tersebut semua mobilitas ke daerah-daerah akan menjadi lancar.

“Harus kami akui hampir semua kondisi daerah sudah bagus. Yang belum bagus itu adalah infrastrukturnya. Itu makanya pembenahan dan penataan infrastruktur menjadi skala prioritas pemkab rohil setiap tahunnya,” ujar Bupati.

Peningkatan infrastruktur itu akan utamanak dijalan dua jalur disetiap kecamatan. Pasalnya, Jika infrastruktur seperti jalan jalur itu ditingkatkan, saya kira mobilitas bisa bertambah lancar. Jalan dua jalur di Kecamatan Batu hampar ini contohnya, kalau sudah ditingkatkan semua aktifitas masyarakat bisa berjalan dengan lancar, “kata Suyatno lagi, sebagaimana dilansir halloriau.com.

Peningkatan infrastruktur lainnya, lanjut Suyatno, turut dilakukan di jalan lintas yang terdapat di sejumlah daerah di kabupaten Rohil. Dimana Kondisi peningkatan itu dilakukan dengan penimbunan dan perbaikkan terhadap beberapa ruas badan jalan yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, untuk kondisi jalan lintas yang sedang dibenahi dan ditingkatkan tersebut diantaranya jalan lintas ujung tanjung-Bagansiapi-api dan jalan lintas Bagansiapiapi-Sinaboi serta jalan-jalan yang ada dipusat ibukota Rohil, Bagansiapiapi.

Dijelaskan, jalan lintas Bagansiapiapi-Sinaboi ini kendati masih dalam perbaikkan namun jalan tersebut masih dapat dilintasi oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Hanya saja, saat dilintasi kendaraan kondisi jalan tersebut masih berdebu, “ungkapnya. (adv/hms)

18113912614_1771297343087159_1983866537169575410_n

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini