Bapemas Rohil Minta Penerima Bantuan UED-SP Serius Kelola Dana

0

BAGANSIAPIAPI, gomediaku.com-Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Rohil meminta kepada penerima dana bantuan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) untuk serius dalam mengelola dana tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kabid UED dan TTG, Program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), Tri Delsifati, Senin (16/02/2015) di Ruang kerjanya. Diharapkan dana UED-SP dapat digunakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan usaha, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Bantuan ini hanya dikenakan bunga kecil. Jadi diharapkan pada pengurus desa yang mengelola UED-SP ini bisa lebih serius untuk mengembangkannya,” ujarnya.

Tri Delsifati menambahkan dana UED-SP ini sengaja dikucurkan untuk mengentaskan kemiskinan. Sehingga diprioritaskan dana ini diberikan kepada masyarakat yang berbenghasilan rendah. Namun tak dipungkiri jika dana pinjaman ini memiliki tingkat pengembalian yang rendah, karena penerimanya pun berpenghasilan rendah.

”Kebanyakan mereka menganggap pinjaman ini diberikan secara cuma-cuma. Dari 29 desa penerima UED-SP di Rohil, diantaraya banyak juga yang gulung tikar, meskipun ada juga yang berhasil maju. Contohnya di daerah Ujung Tanjung dimana dana Rp 500 juta tadi dikembangkan dan sekarang sudah sekitar RP 3,5 milyar,” paparnya. (Adv/Hms/Andi)

Baca Juga  Ini yang Dilakukan Pemkab Rohil untuk Percepat Deteksi Bencana Karlahut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini