9 Srikandi Pansel KPK Sejalan dengan Gerakan ‘Saya Perempuan Antikorupsi’

0

JAKARTA, gomediaku.com-Kebijakan Presiden Jokowi memilih 9 perempuan sebagai Pansel KPK 2015 terus menuai apresiasi. Anggota DPR perempuan, Meutya Hafid, memuji langkah Jokowi.

”Pemilihan perempuan sebagai Tim Penyeleksi KPK mengoptimalkan peran perempuan dalam memberantas korupsi. Pemilihan perempuan ini sejalan dengan Gerakan ‘Saya, Perempuan Anti Korupsi’ yang dicanangkan oleh KPK pada 22 April 2015 lalu,” kata Meutya dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (22/5/2015), sebagaimana dilansir detik.com.

Menurut Meutya, perempuan bisa menjadi agen pencegahan korupsi yang hebat karena merupakan tokoh sentral di dalam keluarga. Melalui Ibu, lanjut Wakil Ketua BKSAP ini, anak-anak ditanamkan nilai-nilai kebaikan, termasuk di dalamnya nilai kejujuran dan anti korupsi.

”Perempuan menurut teori psikologi dan sosiologi, memiliki standar perilaku etis dan kepedulian pada kepentingan umum yang lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Selain itu perempuan memiliki kecenderungan lebih taat aturan daripada laki-laki,” ulas mantan wartawan ini.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membentuk Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (21/5) kemarin. Pansel terdiri dari sembilan orang anggota dari berbagai latar belakang. Sembilan orang yang ditunjuk Jokowi semuanya perempuan. Berikut adalah sembilan anggota Pansel KPK:

1. Destry Damayanti – ahli ekonomi keuangan dan moneter
2. Eni Nurbaningsih – pakar hukum tata negara Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional
3. Harkristuti Harkrisnowo – pakar hukum pidana dan HAM, Kepala Badan Pengembangan Manusia Kemenkum
4. Betti S Alisjahbana – ahli IT dan manajemen
5. Yenti Garnasih – pakar hukum pidana ekonomi dan pencucian uang
6. Supra Wimbarti – ahli psikologi SDM dan pendidikan
7. Natalia Subagyo – ahli tata negara pemerintahan
8. Diani Sadia wati – ahli di Bappenas
9. Meuthia Ganie Rochman – ahli sosiolog korupsi dan modal sosial.***

Baca Juga  Menunggu Upaya Pemerintah Selamatkan 10 WNI yang Disandera Abu Sayyaf

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini