Jumat, 21 Januari 2022

Wabup Siak Husni Merza Ikuti Sosialisasi Pekan Budaya Daerah

Date:

Siak Sri Indrapura, GoMediaKu.Com – Wakil Bupati Siak Husni Merza, mengikuti kegiatan Sosialisasi Pekan Budaya (PKD) sebagai Bagian dari Penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) Tahun 2021, yang ditaja Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, secara virtual di Ruang kerja Wakil Bupati Siak, Kamis (4/8/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh Kabupaten/Kota yang merupakan anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari. Dijumpai usai mengikuti kegiatan tersebut, Husni menyampaikan harapannya kedepan ada kolaborasi antara program kementerian dan kebudayaan yang menyelenggarakan pekan kebudayaan nasional, dan didukung oleh budaya-budaya yang ada di daerah.

“Sebetulnya kebudayaan nasional ini juga harus didahului dengan pekan kebudayaan daerah, jadi masing-masing daerah nanti mempresentasikan budaya-budayanya di pekan kebudayaan nasional, cuman ini kan akan dilaksanakan sekitar bulan November. Kita berharap dan berdoa mudah-mudahan Covid-19 segera mereda, sehingga apa yang dihajadkan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bisa kita laksanakan pekan kebudayaan nasional ini,” sebutnya.

Tentu Siak sebagai salah satu anggota lingkar temu kabupaten lestari, lanjutnya, akan ikut berkontribusi dengan menunjukkan berbagai khasanah budaya yang perlu diperkenalkan. Mulai dari segi sandang seperti songket Siak dan tenun Siak, maupun dari pangannya seperti kuliner khas Siak.

“Untuk itu Siak siap untuk berpartisipasi dalam pekan kebudayaan nasional yang akan dilaksanakan oleh kementerian,” ungkap Husni.

Lingkar kabupaten lestari ini, katanya, sudah melakukan banyak hal, terutama bagaimana menghidupkan budaya-budaya masyarakat Kabupaten Siak yang ramah lingkungan. Seperti budaya memakan ikan gabus untuk pengobatan tercepat penyembuhan luka pasca oprasi dan juga luka anak-anak sehabis sunat.

“Ini juga sudah diangkat oleh lingkar temu kabupaten lestari, sehingga di Siak sekarang sudah ada laboratorium ekstrak protein ikan gabus. Ini merupakan salah satu inovasi dan kreatifitas kita dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat khususnya peternak ikan gabus,” jelas Husni. (wsc)

Baca Juga  PTSP dan PBB Kabupaten Siak Masuk Nominasi 9 Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Sudah Vaksin Booster. Apa Bakal Vaksin Lagi? Ini Jawaban Kemenkes

Jakarta - Sejak Rabu (12/1/2022), pemerintah  sudah mulai melaksanakan...

Di Guyur Hujan Sebelum Tanam Jagung Dengan Dinas Ketapang Pekanbaru, Berkah Bagi KWT Bucer

Pekanbaru, - Kelompok Tani Bunda Ceria (BUCER) Kelurahan Sialang...

Bantu Tenaga Guru Bantu, Gubri Minta Disdik Riau Siapkan BPJS

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi...

Gubernur Riau Apresiasi Gubernur Nova Terkait Penerapan Perbankan Syariah di Aceh

PEKANBARU-- Gubernur Provinsi Riau, Syamsuar, mengapresiasi koleganya Gubernur Aceh,...