Pusing Harga Minyak Goreng Naik? Yuk Cobain Alternatif Minyak Sehat

0
1367
Pusing Harga Minyak Goreng Naik Yuk Cobain Alternatif Minyak Sehat

Gomediaku.Com – Tak bisa dipungkiri polemik minyak goreng di tanah air dari awal tahun hingga kini menuai polemik. Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng kemasan yang sebelumnya mendapat subsidi kini telah dicabut oleh pemerintah yang mana lalu dilakukan penyesuaian dengan harga pasar.

Makanya hal ini tentunya berdampak dengan keadaan di lapangan. Masyarakat sekarang mulai khawatir dengan harga minyak goreng terus melonjak tinggi, apalagi di tengah beragam kebutuhan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan. Banyak yang menyarankan untuk menggunakan alternatif selain minyak goreng dari sawit. So, apakah ada alternatif lain pengganti minyak?

Seperti yang dipahami banyak orang, penggunaan minyak goreng sawit acapkali dikaitkan dengan dampaknya pada kolesterol. Belum lagi apabila minyak tersebut digunakan terus secara berulang. Tetapi walau demikian, minyak goreng tersebut juga sangat diperlukan untuk beragam kegiatan memasak yang tentunya juga bisa menambah citarasa pada makanan.

Hilangnya minyak goreng sawit di pasaran dan kian menanjaknya harga minyak goreng sekarang, sebenarnya bisa jadi kesempatan untuk semua, dalam mengurangi penggunaan minyak dan menggantinya dengan bahan yang jauh lebih sehat. Bagaimana pandangan psikolog tentang pengganti minyak yang jauh lebih sehat?

Dikutip dari VIVA.CO.ID Dokter spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti SpGK, mengungkapkan jika masyarakat bisa memilih pengganti minyak sehat lainnya dengan kandungan yang jauh lebih sehat. Karena, minyak goreng yang berasal dari kelapa sawit sendiri memiliki kandungan lemak jenuh sehingga bisa berisiko memicu penyakit.

Walau demikian, sejatinya minyak goreng kemasan yang berasal dari minyak kelapa sawit itu bukanlah satu-satunya minyak yang digunakan untuk mengolah masakan. Dokter Putri mengatakan jika masih ada alternatif minyak lain yang jauh lebih sehat untuk diolah dengan sumber makanan lainnya. Apa saja?

Baca Juga  Makan Daging Sapi Membuat Otot Kuat dan Tetap Awet Muda

“Minyak virgin coconut oil lebih sehat. Kandungan tinggi antioksan dan kaya vitamin, mineral untuk tubuh. Kandungan utama asam lemak rantai sedang, bagus diolah tubuh untuk tekan risiko penyakit,” katanya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Jumat 18 Maret 2022 kemarin.

Tak hanya itu, alternatif lain semisal minyak kanola atau minyak jagung pun lebih sehat. Kandungan lemak jenuh pada minya tersebut jauh lebih rendah dengan tingkat asam lemak jenuh yang lebih banyak, kata Putri.

“Minyak jagung sehat tapi perbandingan omega 3 dan 6-nya kurang baik untuk kesehatan jangka panjang,” ungkapnya.

Selain itu bisa juga dengan minyak zaitun atau olive oil. Minyak ini memiliki kandungan kaya asam lemak tidak jenuh yang baik bagi tubuh manusia. Perbandingan omega 3 dan 6 juga cukup dalam menekan risiko penyakit.

“Tapi, minyak zaitun tidak dianjurkan dipakai berkali-kali dan digoreng dalam suhu tinggi lebih dari dua kali,” tambahnya.(VIVA/ AP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini