Pj Bupati: Pemkab Inhu Berkomitmen Penuhi Hak-hak Anak

0

INHU, gomediaku.com-Hujan yang mengguyur Kota Rengat sejak pagi tidak menyurutkan niat dan semangat ratusan anak-anak dari berbagai sekolah di Kabupaten Inhu untuk hadir dan mengikuti peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 di Lapangan Hijau Rengat, Kamis (26/11).

Peringatan Hari Anak Nasional ini ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2015.

Hadir pada kegiatan tersebut anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu, pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Inhu, kepala sekolah serta pengurus Forum Anak Kabupaten Inhu.

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BPPPAKB) Kabupaten Inhu Ir Feny Darius mengungkapkan, sejatinya Hari Anak Nasional di peringatan setiap tanggal 23 Juli. Namun pada tahun ini bertepatan dengan bulan puasa, kemudian dilanjutkan hari raya serta adanya bencana kabut asap, maka peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 baru bisa dilaksanakan pada Kamis (26/11).

Meski demikian, Feny Darius mengungkapkan hal itu tidak mengurangi makna dan tujuan dari peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2015 yang mengangkat tema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak”.

Feni Darius mengungkapkan bahwa BPPPAKB sudah melakukan berbagai upaya nyata untuk memenuhi hak-hak anak, khususnya di Kabupaten Inhu. Apalagi sesuai Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, perlindungan anak merupakan salah satu urusan wajib. ”Karena itu, pemerintah bersama seluruh komponen masyarakat akan bersama-sama mengawal dan mewujudkan lingkungan dan keluarga ramah anak,” ucapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin mengungkapkan bahwa Kabupaten Inhu telah berkomitmen untuk memenuhi hak-hak anak dengan menerbitkan Perda Nomor 3 tahun 2014 tentang perlindungan anak yang didalamnya telah terkandung pelaksanaan hak-hak anak serta berbagai hal yang jika dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan akan meningkatkan kualitas anak-anak di Inhu.

”Banyak sudah program dan kegiatan yang kita laksanakan untuk pemenuhan hak-hak anak. Namun kita merasa bahwa pemenuhan hak dan perlindungan anak di Inhu harus terus kita tingkatkan dan hal ini membutuhkan komitmen dan kerjasama kita semua,” ujarnya.

Penjabat Bupati berharap melalui peringatan Hari Anak Nasional ini mampu menjadi momentum bagi semua anak untuk terus mengasah kemampuan dengan belajar secara giat serta melaksanakan nilai-nilai dalam agama sebagai momentum awal dalam merevolusi mental.

Selain itu, Penjabat Bupati juga minta seluruh anak di Kabupaten Inhu untuk terus mengintrospeksi diri, memperkuat iman dan taqwa serta meningkatkan kemampuan untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. ”Kalian semua adalah generasi penerus bangsa yang nantinya akan menggantikan posisi kami. harapan kami, kalian akan berbuat yang lebih baik dari apa yang telah kami lakukan saat ini, sehingga dimasa kalian nanti, Kabupaten Inhu akan menjadi kabupaten yang maju dan sejahtera,” tuturnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini