Minggu, 25 Februari 2024

Pertahankan Energi Jangka Panjang Ternyata Tubuh Butuh Protein

Date:

Gomediaku.Com – Seperti yang kita ketahui, protein tentunya sangat bermanfaat, apalagi untuk orang yang mempunyai life style sangat aktif. Makronutrien ini ibarat ‘bahan bakar’ yang bagus dan bisa memenuhi dan membantu perbaikan pada otot.

Dikutip dari Suara.com, berdasarkan Live Science, protein memiliki tanggung jawab untuk sebagian besar energi pada tubuh. Nutrisi ini juga bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga memiliki peran dalam mengatur nafsu makan seseorang.

Proses yang terjadi saat tubuh mengonsumsi protein

Ahli bedah kosmetik dan ahli perawatan kulit di Innermost, Benji Dhillon, mengungkapkan jika protein sebenarnya bukan sumber yang disukai oleh tubuh dalam menghasilkan energi secara langsung.

Umumnya tubuh lebih suka memakai karbohidrat untuk melakukan suplai energinya lebih dahulu, sebab lebih mudah dipecah menjadi glukosa.

Jika penggunaan karbohidrat yang tersimpan di dalam tubuh sudah digunakan, metode selanjutnya yang disukai dalam menghasilkan energi adalah via lemak, yang lebih sulit untuk dipecah.

Hanya beberapa kecil protein yang langsung diubah menjadi energi, karena tak disimpan di dalam tubuh layaknya karbohidrat dan lemak.

Saat tubuh kehabisan karbohidrat dan lemak untuk diubah menjadi energi, tubuh lalu akan menggunakan protein. Tetapi, karena protein mendukung pembentukan otot, ini menandakan tubuh mulai memecah otot-otot fisik.

“Protein adalah sumber energi jangka panjang dan baik untuk daya tahan,” ungkap Dhillon.

Walau bukan merupakan sumber energi utama, menjaga asupan protein sangat penting apalagi jika ingin mempertahankan tingkat energi yang tinggi.

Selain itu, protein digabung dengan karbohidrat tubuh nantinya bisa mempertahankan kadar gula secara stabil sehingga tubuh tak akan kekurangan energi ketika sedang beraktivitas atau melakukan olahraga.

Baca Juga  Imsomnia Terus-terusan? Coba Kenali Dulu Masalahnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Listrik Andal, Puncak Perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2024 Berlangsung Sukses

Jakarta, GoMediaku.com - Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dengan...

Hadiri Peragaan Manasik Haji Para Santri, Ini Harapan Bupati Siak Alfedri

Siak Sri Indrapura, GoMediaku.com - ”Kami mengapresiasi Ketua Ikatan Guru...

Jokowi Sudah Teken Perpres Nomor 32/2024, Ketum JMSI Ingatkan Hal Ini

Jakarta, GoMediaku.com -- Peraturan Presiden No. 32 Tahun 2024...

Hadiri HPN 2024 di Jakarta, Kadis Kominfo Siak: Terus Sajikan Produk Jurnalistik Berkualitass

Jakarta, GoMediaku.com - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten...