Minggu, 14 Agustus 2022

Mantap! Program Lorong Hijau Tabulapot Pekanbaru Dapat Apresiasi dari Menteri LHK RI

Date:

Pekanbaru – Upaya dan inisiasi serta kerja kolaborasi lintas komunitas yang telah menggelar gotong royong program Lorong Hijau Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulapot) 5 Desember lalu kembali mendapatkan apresiasi dari Menteri LHK setelah sebelumnya mendapatkan hal yang sama dari Walikota Pekanbaru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil Kamis (23/12) pagi mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya saat kunjungan kerja di Kota madani. Kedatangan orang nomor satu di Kementriaan LHK ini untuk meninjau Tabulapot.

Rombongan meninjau Tabulapot di kawasan padat penduduk Kota Pekanbaru tepatnya di Perusahaan Cipta Karya Mandiri yang sebelumnya juga menjadi lokasi penghijauan dalam rangka Bulan Menanam Nasional. Perumahan ini berlokasi di RW 23 Kelurahan Silang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Kota Pekanbaru.

Dalam kunjungan ini Menteri LHK, Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut ambil bagian dalam kegiatan baik ini. Diketahui ada sejumlah pihak yang turut dalam kegiatan ini yaitu PWI Riau, Jikalahari, Walhi Riau, ParadigmaRI, KNPI Riau, Komunitas Rimbawan Hijrah, Mapala Suluh FKIP UR, Mafakumpala UIR, Mapala Humendala UR, Brimapala Sungkai Faperta UR, Phylomina FPK UR, BEM Unilak, Generasi Penggerak, Joom Melala, JAPNAS Riau, UCLG ASPAC, PFI Pekanbaru, Duta Lingkungan Pekanbaru, dan Mapedallima Hang Tuah.

“Tadi saya juga menerima aspirasi camat, lurah dan RW,” jelasnya usai kegiatan.

Salah satu aspirasi yang diterima oleh Siti, yaitu perihal keberadaan kawasan waduk seluas dua hektare. Dengan adanya aspirasi ini pihaknya akan meminta Tim Ditjen PPKL KLHK untuk observasi penataan embung kecil dan persampahan.

Kawasan tersebut nantinya bisa menjadi spot wisata sekitar tingkat kelurahan yang tentunya ramah lingkungan. Siti berkomitmen untuk terus mengembangkan semangat menanam.

Baca Juga  Perlahan, Ekonomi Harus Bangkit Meski Pandemi

“Kerja kolaborasi bersama segenap komponen masyarakat, dan ini kaitannya mendukung terwujudnya kampung iklim di wilayah perkotaan. Bersama kita akan terus hijaukan lingkungan sekitar,” katanya.

Dilain pihak, Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengungkapkan jika awal Desember kemarin Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T sempat berada di lokasi itu. Ia bersama masyarakat dan lintas komunitas melakukan aksi gotong royong.

Mantap! Program Lorong Hijau Tabulapot Pekanbaru Dapat Apresiasi dari Menteri LHK RI
Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T apresiasi aksi gotong royong Lorong Hijau Tabulapot (Tanaman Buah Dalam Pot), Minggu (5/12) lalu

Selain itu mereka turut melakukan penanaman pohon buah produktif di lokasi padat penduduk. Jamil pun ikut mengapresiasi aksi gotong royong Lorong Hijau Tabulapot.

Pemerintah kota turut berterima kasih atas perhatian Menteri LHK. Jamil menilai kegiatan ini sesuai dengan program kerja Pemko Pekanbaru di bidang lingkungan hidup.

“Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, dan kami siap mendukung dalam upaya aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” tambahnya.

Sebelumnya Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T., M.T telah mengapresiasi aksi gotong royong Lorong Hijau Tabulapot (Tanaman Buah Dalam Pot), Minggu (5/12) lalu. Penghijauan berlangsung di kawasan padat penduduk Kota Pekanbaru. Berbagai jenis tanaman buah ditanam semisal mangga, jambu, kelengkeng, durian, manggis, dan lainnya. (and)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Gelar Pelatihan STEM, Kementerian Dikbudristek Apresiasi PHR

PEKANBARU (Gomediaku.com) – Kemendikbudristek mengapresiasi langkah proaktif PT Pertamina Hulu...

Bupati Siak Launching 100 Gerobak Z-Chicken Saat Kegiatan Bujang Kampng

Siak (Gomediaku.com) - Sempena kegiatan Bujang Kampung yang rutin...

TINA, Duta Batik Jambi

https://youtu.be/7qrZ-SToExc   Sebuah reportase yang menginspirasi. Yang datang dari seorang perempuan...