Minggu, 14 Agustus 2022

Imsomnia Terus-terusan? Coba Kenali Dulu Masalahnya

Date:

Insomnia atau juga bisa dikatakan sebagai gangguan tidur yang terus-menerus terjadi secara rutin. Biasanya banyak orang dengan insomnia menganggap sangat sulit untuk tidur, atau pun suka terbangun tengah malam kemudian tak bisa kembali beristirahat.

Dikutip dari Suara, mempunyai masalah tidur sesekali wajar-wajar saja dan tak akan terlalu berpengaruh pada kesehatan. Tetapi, insomnia bisa saja disebut kronis apabila berjalan dalam kurun waktu tiga malam berturut-turut di dalam seminggu, selama setidaknya dalam satu bulan.

Insomnia yang berjalan kurang dari tiga bulan biasa dikatakan sebagai insomnia jangka pendek. Sebaliknya, kesulitan tidur yang berjalan lebih dari enam bulan dikatakan insomnia jangka panjang. Ada beberapa masalah dan alasan kenapa seseorang bisa mendapatkan imsomnia, diantaranya:

1. Masalah Kesehatan Mental

Perasaan stres, depresi, atau cemas paling memungkinkan dalam menurunkan kualitas tidur seseorang. Jika kamu mengalami hal ini, tak ada salahnya segera berkonsultasi dengan dokter. Orang-orang tak selalu dapat mengendalikan trauma emosional atau masalah mental tanpa adanya dukungan profesional.

2. Ketidaknyamanan atau Rasa Sakit

Biasanya bisa saja berupa semacam sesuatu yang simpel, semisal kasur atau bantal tua yang terlauh keras. Kadang kala juga bisa diakibatkan ruangan yang terlalu panas atau dingin. Hal ini dapat menjadi masalah yang lebih pelik semisal penyakit kronis atau kondisi yang mengakibatkan rasa sakit.

3. Jet lag

Tentunya bakal jauh lebih susah dalam mendapatkan bentuk tidur yang baik jika terus-menerus harus mengalihkan waktu tidur atau lamanya kita terjaga sepanjang hari akibat perbedaan waktu ketika berpindah-pindah lokasi.

4. Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein nyatanya juga mampu membuat tubuh lebih susah untuk tidur. Akibatnya bahkan masih bisa mempengaruhi tubuh beberapa jam sesudah meminumnya. Bisa menjadi ide buruk dalam mengonsumsi segala bentuk kafein dalam waktu sekitar 6 jam sebelum tidur.

Baca Juga  Waduh! Umur 40 Konsumsi Telur Aman Ga Sih?

5. Minum Alkohol

Alkohol juga bisa menyebabkan sebagian orang merasa sedikit mengantuk. Sehingga beberapa dari orang tersebut mungkin tergoda untuk mengonsumsinya dalam membantu dirinya tertidur. Tetapi, terlalu sering mengonsumsi alkohol juga bisa berdampak negatif pada pola tidur dan kualitas tidur.

6. Gangguan Malam Hari

Apabila mempunyai bayi di rumah atau bertanggungjawab dalam mengasuh seseorang, biasanya akan mebuat Kita sering terbangun pada malam hari. Mungkin jelas tak mudah agar bisa istirahat dengan baik. Mencoba meminta bantuan orang lain untuk bergantian jaga dan berbagi tugas menjadi pilihan yang tepat.

7. Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit tertentu nyatanya juga bisa menyebabkan seseorang insomnia. Situasi nyeri kronis atau masalah pernapasan yang terkait dengan penyakit paru-paru atau jantung, dan sleep apnea. (suara/ap)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

Gelar Pelatihan STEM, Kementerian Dikbudristek Apresiasi PHR

PEKANBARU (Gomediaku.com) – Kemendikbudristek mengapresiasi langkah proaktif PT Pertamina Hulu...

Bupati Siak Launching 100 Gerobak Z-Chicken Saat Kegiatan Bujang Kampng

Siak (Gomediaku.com) - Sempena kegiatan Bujang Kampung yang rutin...

TINA, Duta Batik Jambi

https://youtu.be/7qrZ-SToExc   Sebuah reportase yang menginspirasi. Yang datang dari seorang perempuan...