Digelar, Debat Kandidat Bupati dan Wabup Inhu

0

INHU, gomediaku.com-HUMAS-Sebagai tahapan dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar Debat Publik / Debat Terbuka Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Inhu yang dilaksanakan di gedung Dang Purnama Rengat, Kamis (18/11/2015).

Dalam debat yang menghadirkan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang ikut serta dalam pilkada 2015, Pj Bupati Inhu H. Kasiarudin, SH dengan didampingi Ketua DPRD Inhu Miswanto, Kasdim 0302 Inhu Mayor Kav. Sukri Hendri, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, SIK, Kejari Rengat Teuku Rahman serta para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian serta tokoh masyarakat hadir dalam kegiatan itu.

Seperti diketahui, pilkada Inhu tahun 2015 ini, diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Kedua pasangan tersebut diantaranya, pasangan calon nomor urut 1 yaitu Drs. H. Tengku Mukhtarudin/ Hj. Aminah dan pasangan calon nomor urut 2 yaitu H. Yopi Arianto, SE/ H. Khairizal.

Dalam sambutannya Ketua KPU Inhu Muhammad Amin menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini baik dari Pemkab Inhu maupun pihak Kepolisian dan TNI yang turun mengamankan jalannya debat kandidat tersebut.

Dijelaskannya bahwa pelaksanaan debat kandidat ini dilaksanakan sesuai Peraturan KPU nomor 7 tahun 2015 dan merupakan salah satu rangkaian tahapan pilkada dalam rangka penyebarluasan visi dan misi yang nantinya akan diutarakan oleh kedua pasangan calon. Amin berharap, melalui pilkada ini nantinya akan memunculkan pemimpin daerah yang memiliki komitmen yang tinggi untuk mensejahterakan masyarakat Inhu.

Ketua KPU Prov Riau DR. Nurhamin, S.Pt, MH menyampaikan bahwa dengan suksesnya pelaksanaan debat kandidat nanti, akan menjadi momentum demi kesuksesan pelaksanaan pilkada yang jujur, santun, beredukatif, aman dan damai serta bersih dari adanya politik uang.

Sebelum debat kandidat dimulai, dalam kesempatan itu,anggota KPU selaku Divisi Hukum, Pengawasan dan Teknis Penyelenggaraan Ir. Hendri Saleh, MA menjelaskan bahwa pelaksanaan debat kandidat ini  terbagi menjadi lima tahapan, dimana pada sesi pertama kedua pasangan calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misinya terkait dengan program dan kegiatan dengan durasi waktu selama empat menit, kemudian dilanjutkan dengan penajaman visi dan misi, dimana kedua kandidat (calon bupati) diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan dan tanggapan dengan durasi waktu selama tiga menit.

Sedangkan pada sesi kedua, masing-masing pasangan calon wakil  bupati, diwajibkan untuk menyampaikan gagasan dari sejumlah pertanyaan KPU terkait bidang pendidikan budaya agama dan pariwisata.

Tidak jauh beda, pada sesi ketiga, kedua pasangan calon juga diberikan kesempatan untuk menanggapi pertanyaan dari KPU sesuai dengan tema terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan sosial, sedangkan pada sesi keempat tema yang diangkat oleh KPU terkait dengan penegakan hukum dan pemerintahan.

Sementara pada sesi terakhir, kedua pasangan calon diberi kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup sebagai akhir dari pelaksanaan debat kandidat tersebut dengan dilanjutkan penyerahan cindera mata dari pihak KPU oleh Ketua KPU Riau Nur Hamin kepada kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Inhu. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini