Waduh! Baru Seminggu Operasi Zebra, Satlantas Pekanbaru Jaring 1.305 Pelanggar

0
Waduh! Baru Seminggu Operasi Zebra, Satlantas Pekanbaru Jaring 1.305 Pelanggar

PEKANBARU, Gomediaku.Com – Sepekan gelar Operasi Zebra Lancang Kuning 2021, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru berhasil menjaring 1.305 pelanggar.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Kepolisian Resor Kota Pekanbaru AKP Angga Wahyu Prihantoro, Rabu (24/11/2021) menjelaskan kebanyakan dari pelanggar yang melakukan pelanggaran didominasi oleh para pengendara roda dua yang tak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Mayoritas pengendara yang melanggar adalah pemotor yang tidak menggunakan helm SNI,” jelas Angga.

Para pelanggar diberikan sangsi yang berbeda-beda, dan dari kebanyakan pelanggar mendapatkan teguran hingga 1.008 kali.

Sebaliknya bagi para pengendara yang diberikan dalam bentuk sangsi tegas dengan tilang berjumlah sebanyak 297 orang.

Angga mengungkapkan bahwa target Operasi Zebra Lancang Kuning 2021 tak hanya bertujuan dalam meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya. Tetapi juga bertujuan dalam upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19.

Dalam penjelasannya, hasil yang didapat pada operasi saat ini bahwa terjadi peningkatan pada tingkat kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan.

“Tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa yang masih lalai, contohnya tetap membawa masker tapi tidak terpasang dengan baik,” kata Angga.

Tak hanya melakukan penindakan, satuan lalu lintas juga turut terus menerus mensosialisasikan Operasi Zebra kepada masyarakat yakni kegiatan preventif (himbauan), dengan memberikan himbauan kepada para pengendara untuk selalu berhati hati dan patuhi peraturan lalu lintas.

“Himbauan ini dapat dilihat di dalam spanduk yang di pasang di Jalan SM. Amin, HR Subrantas, Naga Sakti, Jalan Yos Sudarso Ujung KM 8, Simpang Bingung, Air Hitam dan beberapa lokasi lainnya yang ramai mobilitas masyarakat dan volume kendaraanya,” jelas Angga.

Baca Juga  Ikuti Kebijakan MenPAN-RB, ASN Pemko Pekanbaru Tak Bisa Cuti Akhir Tahun

Angga juga menambahkan bahwa himbauan yang ditujukan bagi bagi masyarakat Kota Pekanbaru pengguna jalan, agar mematuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan.

“Mari kita jadikan Kota Pekanbaru menjadi Kota yang masyarakatnya tertib berlalu lintas dan patuh Protokol Kesehatan Covid-19,” tambah Kasat Lantas. (mcr/and)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini