Faisal Basri: Bahaya Cadangan BBM RI Hanya 18 Hari

0

JAKARTA, gomediaku.com-Jumlah cadangan BBM Indonesia hanya mencapai 18 hari saja. Kondisi ini berbahaya, karena ketahanan energi rentan. Harga BBM juga rawan dipermainkan karena pelaku pasar tahu Indonesia butuh BBM.

Hal ini disampaikan oleh mantan Ketua Tim Reformasi dan Tata Kelola Migas, Faisal Basri ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/5/2015).

”Pernah satu hari, ada teman dari Belanda datang hanya untuk nasihati saya. Dia bilang, hei Faisal hati-hati negara kamu ini dalam bahaya. Kalau di Belanda itu cadangannya 6 bulan, Indonesia cuma 18 hari,” kata Faisal, sebagaimana dilansir detikFinance.

Karena itu, Faisal menyarankan pemerintah memperhatikan soal ketahanan energi, khususnya BBM ini dengan cara meningkatkan kapasitas storage atau tangki penyimpanan cadangan BBM.

”Jadi kalau ditanya bangun kilang atau impor langsung. Jawaban saya, storage-nya yang lebih penting dibangun. Impor langsung tanpa ada storage ya paling jadinya seperti ini kita nggak punya kendali seperti saat ini. Harga naik, kita naik, harga turun kita turun,” ujar Faisal.

”Kalau kita punya storage, kita bisa beli banyak-banyak waktu harga rendah. Dan nggak perlu beli kalau harga turun,” imbuh Faisal.***

Baca Juga  Disperindag Rohil Sidak Beras Plastik ke-2 Kali di Kecamatan Bangko

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini