Dibuka Bupati Yopi, Festival Batang Gansal Resmi Digelar

0
1607

GoMediaku.Com, Batang Gansal – Festival Batang Gansal tahun 2016 kembali digelar. Ajang festival budaya tahunan masyarakat Suku Talang Mamak ini resmi dibuka oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto, Rabu (14/12). Ratusan masyarakat pun turut larut dalam kemeriahan kegiatan yang dipusatkan di Area Camping Ground Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.

Pembukaan ajang festival tersebut ditandai dengan pemukulan kentongan bambu dan pelepasan lomba pacu sampan di tepian Sungai Gansal oleh Bupati Yopi.

Dikatakan Camat Batang Gansal Suhardi, gelaran festival Batang Gansal tahun ini merupakan kali kelima yang telah digelar pihaknya. Menurutnya, event festival budaya ini merupakan salah satu program unggulan dalam upaya untuk mempertahankan budaya dan tradisi Indragiri, terutama kebiasaan yang sudah tertanam pada budaya melayu.

“Kami mengharapkan, melalui kegiatan festival ini akan mampu mengangkat nama daerah mulai dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat nasional,” tambah Suhardi.

Dalam ajang festival Batang Gansal tahun 2016 tersebut, beragam lomba yang mencerminkan budaya masyarakat setempat turut digelar.

Kegiatan lomba itu diantaranya pencak silat, pacu sampan, pacu rakit, lempar sumpit, kesenian tradisional gambus dan ketrampilan masyarakat seperti dalam membuat kerajinan tangan dan juga tata cara adat lainnya diperlombakan.

Event festival budaya ini sendiri, dijadwalkan akan berlangsung selama lima hari (14-18/12/2016).

Sementara itu, Bupati Inhu H Yopi Arianto sangat menyambut baik dengan digelarnya festival Batang Gansal tahun 2016 ini. Pada penyelenggaraan festival yang telah menginjak tahun kelima tersebut, Bupati juga minta agar semakin terus memunculkan ide-ide serta kreatifitas guna semakin memeriahkan ajang festival budaya ini.

Dengan begitu, festival budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Batang Gansal ini akan semakin mampu menarik animo seluruh lapisan masyarakat bukan hanya di Kabupaten Inhu bahkan kabupaten lainnya untuk datang menyaksikan agenda tahunan Festival Batang Gansal tersebut.

Baca Juga  Hadiri Tabligh Akbar, Pj Bupati Inhu Ingatkan Dampak Negatif Medsos

Kedepannya, lanjut Bupati Yopi Pemkab Inhu akan terus berupaya melakukan peningkatan sejumlah fasilitas penunjang termasuk perbaikan jembatan penghubung di areal wisata dengan desa, serta perbaikan infrastruktur jalan lainnya.

Pada kesempatan itu Bupati Yopi juga mengungkapkan bahwa tahun mendatang Pemkab Inhu akan terus melanjutkan berbagai pembangunan di berbagai sektor termasuk salah satunya dalam dunia kesehatan.

“Maret 2017 mendatang, Pemkab Inhu akan menggelar pengobatan gratis yakni operasi katarak dan bibir sumbing. Untuk itu, saya himbau kepada seluruh warga masyarakat untuk dapat segera mendaftarkan diri ke kepala desa ataupun ke pihak kecamatan,” ujar Bupati H Yopi Arianto.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini