Achmad, Bupati Rohul yang Sarat Prestasi

0

ROHUL,gomediaku.com-Suatu hari pada akhir Februari lalu di Kota Pasir Pengaraian, ibukota Kabupaten Rohul (Rokan Hulu), Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Riau Drs. H. Tarmizi Tohor MA tampil berbicara di podium, di hadapan sekian banyak pasang mata.
Yang terlontar dari mulut Tarmizi yang terdengar lantang melalui pengeras suara adalah soal pujian terhadap Drs. H. Achmad M.Si., yang tidak lain adalah Bupati Rohul yang sudah menjabat selama dua periode berturut-turut. Yang dipuji Tarmizi dari sosok Achmad adalah soal perhatian, kegiatan dan keberhasilan Achmad dalam mensukseskan pembangunan bidang agama dan keagamaan di Rohul.
Di-terangkan Tarmizi Tohor, setiap kegiatan yang berkaitan dengan keagamaan dilaksanakan Pemkab Rohul dan Kemenag Rohul, pasti acaranya meriah, dihadiri ribuan banyak orang, dipersiapkan sedemikian rupa dan mendapat sambutan hangat dari Pemkab dan masyarakat. “Ini sesuatu yang luar biasa, dan pantas mendapat apresiasi positif,” tambah Tarmizi, yang disambut aplaus yang hadir.
Dalam kesempatan itu, Tarmizi Tohor  juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Rohul, Achmad, yang memperhatikan perhatian lebih terhadap para guru madrasah dan tenaga kependidikan lainnya, khususnya dalam bidang peningkatan kesejahteraan. ”Apalagi tahun ini ditingkatkan 100 persen dari tahun lalu. Ini sesuatu yang membanggakan,” tandas Tarmizi.
Suka atau tidak suka, Rohul sejak 10 tahun belakangan, terutama sejak dipimpin Bupati Achmad, mengalami lompatan kemajuan di berbagai bidang pembangunan. Modalnya, dengan komitmen yang kuat dan diikuti tingkat konsistensi yang tinggi, semua program pembangunan yang telah dirancang langsung direalisasikan melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. Aksi nyata inilah yang membuat warga Rohul memberikan respon positif selama masa kepemimpinannya.
Semuanya untuk rakyat, kata-kata inilah yang menjadi slogan Bupati Rohul dalam berkarya. Karena itu pula, dia mendapatkan berbagai penghargaan baik tingkat lokal maupun nasional.Terakhir, kerja kerasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Rokan Hulu, langsung diapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud-RI) dengan diserahkannya Penghargaan Ki Hajar (Kita Harus Belajar), Jum?at (9/11) bersama 13 Kepala Daerah lainnya se-Indonesia.
Upaya Achmad dalam membangun Rokan Hulu juga dilakukannya dengan membangun program masyarakat melek tekhnologi. Berkolaborasi dengan program pemerintah pusa menjalankan Mobil Internet Keliling atau Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), Achmad bertekad menjangkau seluruh wilayah Rohul dengan internet. “Kita memberikan kemudahan terutama daerah yang sulit dijangkau untuk memudahkan para siswa dan guru untuk mengakses internet dalam mengetahui informasi di bidang pendidikan,” tutur Achmad.
Jika dilihat dari banyaknya jumlah penghargaan yang diterima Bupati Rokan Hulu Drs.H.Achmad Msi, didampingi Wakil Ir H Hafit Syukri, MM, maka Kabupaten Rohul sudah bisa dikategorikan menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Riau. Ini tentu sudah selaras dengan terlaksananya visi dan misi Rokan Hulu yakni Menjadi Terbaik di Tahun 2016 Mendatang.
Terkahir Pemkab Rokan Hulu juga dinobatkan menerima Penghargaan Riau Invesment Award. Penghargaan daerah yang dinilai paling bagus pertumbuhan investasi ini, merupakan penghargaan kali ketiga yang diperoleh Bupati Rokan Hulu Drs.Ahmad MSi.Tidak hanya penghargaan dibidang investasi dan bidang umum lainnya, penerapan ajaran agama Islam pada masyarakat Rohul juga patut diacungi jempol.
Sejak kepemimpinan Achmad, mulai dari siswa sekolah dasar hingga pada pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Honorer di wilayah Pemerintahan Kabupaten Rohul, Penerapan salat berjamaah sudh diterapkan. Bahkan, bagi para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor dan seluruh PNS maupun tenaga honor di lingkungan Pemkab Rohul, setiap salat Zuhur dan Ashar diimbau ke Masjid Agung Madani Islamic Center.

Baca Juga  Kanwil Kemenag Riau Tinjau MAK YAPITA Rohul
Bupati Rokan Hulu, Drs H. Achmad, M.Si Hadiri wirit rutin bulanan Tarekat Naqsabadiah di Surau Suluk Serambi Tambusai Desa Sejati Kecamatan Rambah Hilir, Rabu (1822015). Dalam kegiatan tersebut turut diberikan bantuan surau sul
Bupati Rokan Hulu, Drs H. Achmad, M.Si Hadiri wirit rutin bulanan Tarekat Naqsabadiah di Surau Suluk Serambi Tambusai Desa Sejati Kecamatan Rambah Hilir, Rabu (1822015). Dalam kegiatan tersebut turut diberikan bantuan surau sul

Tokoh Religius
Bupati Rohul Achmad merupakan tokoh religius Negeri Lancang Kuning, memiliki ciri khas kepemimipinan, komitmen, konsisten, action  dan semuanya untuk rakyat, realita dari sikap itu ternyata mendapat respon poisitif dari pihak Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia (Kemendikbud-RI).
Respons itu diwujudkan dalam bentuk a ward di sektor pendidikan, Jumat (9/11) lalu  bersamaa 13 kepala daerah se Indonesia, award Anugerah Kihajar (Kita Harus Belajar) tahun 2012 diterima dari  Kemendikbud-RI, H Mohammad Nuh.
A ward ini, termasuk inisiatif untuk pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) sebagai education fasilitas. A ward itu diserahkan langsung Wamendikbud-RI, Musliar Kasim, di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemdikbud, Jakarta, hanya Pemkab Rohul saja satu-satunya kepala daerah dari  Provinsi Riau.
Anugerah Kihajar itu merupakan penghargaan Kemendiknas pada daerah-daerah, karena dinilai berperan penting dan mendukung program Kemendikbud-RI dalam peningkatkan pemanfaatan TIK  untuk pendidikan, sebanyak 6 Gubernur, 8 Walikota/ Bupati dinilai sukses mendayagunakan TIK dalam dunia pendidikan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota.
Di samping itu,  dimintanya kepala dinas di seluruh Indonesia aktif mendukung program TIK untuk education fasilitas, karena perkembangan dan kemajuan teknologi tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan, pendidikan berbasis TIK,  Kemendikbud RI sudah lakukan kerja sama dengan Pustelkom.
Bidang pendidikan termasuk target prioritas progress bagi Pemkab Rohul, tiap tahun budget pendidikan dianggarkan lebih 20 persen dari total APBD Rohul, program TIK bidang pendidikan, terus di optimalkan khususnya di daerah terisolir, dilakukan secara bergiliran di 16 kecamatan di Rohul.
Tokoh santun dan berwibawa ini menyebutkan, Kabupaten Rohul salah satu dari tiga Kabupaten dan kota di Riau, pihak Pemerintah Provinsi Riau sudah menjadikannya sebagai pilot project sekolah berbasis IT tahun 2013, tentu ini suatu kehormatan bagi Rohul, karena dipercaya dalam pengembangan IT untuk pendidikan.
Meskinya, Siswa di Rohul dapat menggunakan TIK dalam proses belajar dan mengajar, selain menghindari terjadinya perbedaan mutu pendidikan dalam mengenal IT terhadap sekolah, berada di ibukota kecamatan dengan sekolah di pedesaan. “Tahap pertama ini, dari seluruh jenjang pendidikan masing-masing satu sekolah mulai SD, SMP, SMA dan SMK akan dijadikan pilot project sekolah berbasis IT tahun mendatang, sekolah ditunjuk, nantinya di tes Team Provinsi Riau,” terangnya. (Adv)

Baca Juga  Bupati Rohul, H. Suparman S.sos, M.Si, Hadiri Ritual Balimau Cono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini