12 Penumpang Pesawat TransAsia Hilang, Pencarian Terus Dilakukan

0

Taipei, – Tim penyelamat Taiwan terus melakukan pencarian 12 penumpang pesawat TransAsia yang jatuh ke sungai di Taipei. Lebih dari 24 jam setelah kecelakaan tersebut, ke-12 orang tersebut belum diketahui keberadaannya.

“Kami belum menemukan yang selamat ataupun jasad dari 12 orang yang hilang itu, namun kami tak akan menyerah. Kami akan terus mencari,” ujar Yeh Chun-hsing, pejabat departemen kebakaran Taipei seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (5/2/2015).

Badan Penerbangan Sipil Taiwan (CAA) menyatakan, sejauh ini 31 orang tewas dalam kecelakaan TransAsia yang mengangkut 58 orang tersebut. Sebanyak 15 orang berhasil selamat dalam insiden maut yang terjadi pada Rabu, 4 Februari kemarin.

Insiden yang dialami maskapai TransAsia Airways ini, merupakan yang kedua kalinya selang 7 bulan setelah insiden pada Juli 2014 lalu yang menewaskan 48 orang. Pada insiden terbaru, dilaporkan sedikitnya 32 orang tewas dan 11 orang lainnya masih belum ditemukan. Hanya 15 orang saja yang dinyatakan selamat dari insiden tragis tersebut.

Pesawat jenis turbopop ATR 72-600 dengan nomor penerbangan GE235 ini, merupakan jenis terbaru dari ATR dan tengah menjalani penerbangan ketiganya saat insiden terjadi. Menurut CAA, tidak ada catatan gangguan dalam dua penerbangan sebelumnya.

Namun menurut rekaman kokpit yang beredar luas di dunia maya, menunjukkan bahwa komunikasi terakhir berbunyi ‘Mayday Mayday engine flameout‘. Terbakarnya mesin pesawat biasa terjadi ketika suplai bahan bakar ke mesin terganggu, atau ketika terjadi gangguan api yang berujung pada matinya mesin. Namun demikian, pesawat ATR yang memiliki mesin ganda, akan tetap bisa terbang normal meskipun salah satu mesin mati.

sumber : dtc

foto ; Xinhua

Baca Juga  Bercita-cita Mati di Masjid, Imam Saudi Wafat Saat Kumandangkan Azan