Walikota Pekanbaru Firdaus Tak Pernah Mengendorkan Perhatian pada Sektor Pendidikan

0

PEKANBARU, sebagai ibukota Provinsi Riau, terus berkembang dengan pesat. Tak hanya infrastruktur dan bangunan, namun sektor pendidikan juga diprioritaskan. Sejak dipimpin Walikota Dr. H. Firdaus, MT dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi, perkembangan Kota Pekanbaru terus menunjukkan peningkatan signifikan di berbagai sektor. Tidak hanya pada infrastruktur dan bangunan, juga bisa dilihat pada bidang pendidikan yang tetap menjadi skala prioritas.

Seperti yang sudah direalisasikan diantaranya, pembangunan ratusan gedung sekolah baru untuk tingkat SD di beberapa wilayah di Kota Pekanbaru. Perhatian serius juga ditunjukkan dengan dibangunnya gedung sekolah untuk tingkat SMP di beberapa kecamatan yang ada.

Program revitalisasi sekolah juga sudah dilakukan, Pemko merealisasikannya di sekolah negeri maupun swasta, diikuti dengan penambahan ruang kelas baru di semua tingkatan. Untuk menunjang program pendidikan berjalan maksimal, Pemko juga sudah menambah bangunan laboratorium dan perpustakaan di sekolah-sekolah, diiringi dengan memberikan bantuan untuk pembangunan ruang praktik, berikut peralatan laboratorium.

Tak hanya fokus pada fisik bangunan, Walikota juga memperhatikan dari segi SDM-nya, untuk itu, sudah dibangun prasarana rumah penjaga sekolah di semua tingkatan, dilengkapi rumah ibadah, pembangunan penataan lingkungan.

Berupa pemasangan pagar, paving block dan pembangunan perpustakaan. Kemudian juga sudah dibangun ruang serba guna, sanitasi air bersih dan masih banyak lagi pembangunan yang dilakukan melalui program- program yang dikucurkannya.

Dari pemaparan tersebut bisa dilihat bahwa Walikota Pekanbaru Firdaus, terus fokus memperioritaskan bidang pendidikan. Dia berharap, agar pendidikan di Pekanbaru semakin berkualitas, diiringi peran guru pendidik yang lebih baik.

Setelah fokus dan merealisasikan pembangunan sekolah, wako juga tak membiarkan program pendidikan berjalan begitu saja. Dia selalu meninjau sekolah-sekolah disetiap kesempatan. Seperti yang dilakukannya di sekolah SMKN 02 dan SMK Manajemen Penerbangan di Jalan Parit Indah bertujuan untuk mengetahui perkembangan dari dua sekolah tersebut.

Pada kesempatan itu, Firdaus juga mengapresiasi perkembangan pendidikan di SMKN 2. Pasalnya, sekolah itu sudah mempunyai banyak jurusan dilengkapi peralatan belajar yang akan mendukung proses belajar dan mengajar.

”Alhamdulillah, di SMKN 2 pendidikannya sudah baik, sekolah ini juga banyak bekerjasama dengan berbagai perusahaan yang ada di Kota kita. Tak lain untuk menunjang minat dari para siswa dan siswiuntuk meningkatkan kemandirian dalam menimba ilmu Pengetahuan,” kata Firdaus, waktu itu, dihadapan para siswa, kepala sekolah, dan guru pembimbing, sebagaimana dilansir riauone.com.

Wako juga sempat berdialog singkat bersama para pelajar disana dengan menyampaikan beberapa pesan positif kepada agar siswa jurusan yang berhubungan dengan mesin otomotif, listrik dan las, agar selalu menjaga keselamatan dan kesehatan dalam proses belajar.

Apresiasi serupa juga disampaikan Walikota Firdaus saat menyempatkan diri mengunjungi SMK Penerbangan, Dia berharap kepada para siswa/siswi di sana, agar selalu tekun dalam menimba ilmu pengetahuan. Kemudian juga terus meningkatkan kemampuan menguasai bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang. Sehingga bila ada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di luar negeri, semua sudah siap mengikutinya.

Turut hadir dalam peninjaun tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru, Jonny Sarikoen. (Adv/Humas)
4928_-Pemko-Pekanbaru-Pendidikan-Skala-Prioritas-index

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini