Pertamina Lirik dan Kampar Dukung Percepatan Penanggulangan Covid-19

0

Pelalawan (Gomediaku.com) – PT Pertamina EP Lirik Field dan PHE Kampar sebagai perusahaan yang bergerak di industri minyak dan gas, turut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. Wilayah operasi Pertamina Lirik & Kampar terdiri dari 3 pembagian wilayah (distrik) dimana Distrik 1 berada di Kabupaten Indragiri Hulu, Distrik 2 berada di Kabupaten Pelalawan dan Terminal Buatan yang berada di Kabupaten Siak. Saat ini Pertamina Lirik & Kampar berkantor pusat di Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu.

Field Manager Pertamina Lirik & Kampar, Kurniawan Triyo Widodo mengatakan bahwa berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19 di lingkungan kerja, perusahaan memastikan kepatuhan akan prosedur pencegahan dan penularan COVID-19 diterapkan dari mulai level manajemen hingga pekerja lapangan.

“Selain itu Pertamina Lirik& Kampar juga telah memberikan dukungan kepada pihak eksternal, seperti bantuan masker non medis untuk masyarakat melalui Pemerintah Provinsi Riau, serta bantuan peralatan medis dan bantuan sembako di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak,” jelas Triyo.

Menyadari pandemi COVID-19 yang belum berakhir, Pertamina konsisten menerapkan protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan operasi di lapangan, tidak terkecuali SOP tentang penanggulangan keadaan darurat, seperti penanganan pekerja yang mengalami gejala positif COVID-19, maupun yang terbukti positif COVID-19. Kerjasama dengan satgas COVID-19 di setiap kabupaten/wilayah kerja dan rumah sakit rujukan menjadi poin utama yang diterapkan.

Triyo menambahkan, “Di samping itu, himbauan isolasi mandiri dan penyediaan rumah isolasi mandiri tetap disiapkan sesuai dengan panduan aturan yang berlaku. Seperti yang sudah berjalan di area distrik 1 (Kabupaten Indragiri Hulu) dengan menyediakan 2 (dua) rumah isolasi mandiri untuk mengakomodasi pekerja maupun pekarya yang berada di lingkungan Pertamina Lirik & Kampar.”

Secara bertahap, penyediaan sarana pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di lingkungan perusahaan terus berjalan, seperti yang sudah dilakukan di area Distrik 2 (Kabupaten Pelalawan). “Pada tanggal 19 Mei 2021 lalu, telah dilakukan survei bersama Lurah, Kapolsek dan Kepala Puskesmas Ukui untuk persiapan rumah isolasi mandiri di area tersebut. Pertamina Lirik & Kampar pun mendukung masukan dari pihak Kabupaten Pelalawan untuk menyiapkan rumah isolasi mandiri dan siap bersinergi dengan pihak Muspika Ukui,” ujar Triyo.

Sebagai bentuk antisipasi dini di lingkungan perusahaan sampai hari ini, semua pekerja juga harus mengisi formulir presensi harian secara online, tanpa terkecuali. Hal ini untuk memastikan dan mengingatkan bahwa pandemi belum berakhir, agar mereka patuh terhadap protokol kesehatan COVID-19, dan memudahkan penelusuran kontak erat bila terjadi kasus penularan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini