Kwarcab Siak Terima Anugrah Kepeloporan Gudep Ramah Lingkungan, Bupati: Kita Pantas Bersyukur

0

Siak Sri Indrapura, GoMediaKu.Com – Kwartir cabang (kwarcab) 09 Siak mendapatkan penghargaan Kwarcab yang melaksanakan Kepeloporan Dalam Implementasi Gugus Depan Ramah Lingkungan yang Terintegrasi yang diserahkan Ketua Kwarnas Budhi Waseso. Piagam penghargaan ini satu satunya di Indonesia. Penghargaan itu disampaikan pada Peringatan Hari Pramuka ke-60 yang digelar secara virtual, Sabtu (21/08/2021) malam dan dihadiri Bupati Siak Alfedri.

“Kita mengucapkan syukur atas penganugerahan apresiasi Gerakan pramuka Indonesia Tahun 2021 ini, kwartir cabang 09 Gerakan pramuka siak di nobatkan sebagai Kwartir Cabang memelopori dalam implementasi gugus depan ramah Lingkungan yang terintegrasi, anugerah ini merupakan satu satunya anugerah yang diberikan oleh Kwartin Nasional kepada Kwartir Cabang yaitu Kwartir Cabang 09 gerakan pramuka Siak Kwartir daerah Riau,” ungkap Alfedri.

Turut hadir di acara penganugerahan 60 tahun Gerakan Pramuka Siak, Sekretaris Kwarcab 09 Siak Mahadar, Wakil Ketua Abdims Gana dan Lingkungan Hidup Jon Efendi dan Waka Binamuda Supriyadi. “Tentulah atas nama pimpinan Kwartir Cabang Pramuka Siak, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh gugus depan seluruh Kwartir Ranting yang ada diwilayah kerja kwartir cabang 09 gerakan Pramuka Siak,” terangnya.

Acara dipusatkan dari Studio Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), kegiatan diikuti oleh seluruh pramuka di Indonesia dari 34 Kwarda melalui Zoom dan juga kanal Youtube.

“Kami mengucapkan selamat kepada pengurus Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak. Yang menerima penghargaan itu, semoga Pramuka tetap eksisi di tengah pendemi Covid-19,” ujar Kwarcab Siak itu.

Mengingatkan kembali gagasan Sri Sultan Hamengku Buwono IX (Kak Sultan) atas perjuangannya di masa awal Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menginisiasi pembangunan Museum Pramuka. Sebagai awal dari perwujudan tersebut, pada 60 Tahun Gerakan Pramuka ini diselenggarakan Nitik Siti sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-60 tingkat nasional yang dilaksanakan di Yogyakarta.

“Yogyakarta, sebagai tempat di mana Bapak Pramuka lahir serta berkiprah mengembangkan Pramuka, untuk Indonesia, Museum Pramuka ini akan menguatkan karakter serta identitas, bahwa peran pramuka harus nyata dan dijalankan sesuai dengan perkembangan zaman,” ulasnya. Pada malam apresiasi 60 tahun Gerakan pramuka juga menyerahkan berbagai piagam penghargaan, salah satunya kwartir daerah (kwarda) Gerakan pramuka Riau yang meraih 3 penghargaan dari kwartir nasional (kwarnas) ketiga penghargaan tersebut adalah kwarda yang ikut Melaksanakan Penanggulangan Pandemi Covid-19 Selama 2020 –2021.

Dua kwarcab di Indonesia, salah satunya yakni Kwartir cabang (kwarcab) Siak mendapatkan penghargaan Kwarcab yang melaksanakan Kepeloporan Dalam Implementasi Gugus Depan Ramah Lingkungan yang Terintegrasi, piagam penghargaan ini satu satunya di Indonesia. Sementara itu Sekretaris Kwarcab Siak Mahadar menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang telah di raih oleh kwarcab siak. (wsc)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini