Harga Minyak Dunia Terus Turun, Ini Nasihat Watimpres ke Jokowi

0

JAKARTA, gomediaku.com-Harga minyak dunia masih berada pada level yang sangat rendah dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya. Meskipun akhir pekan lalu sempat naik sedikit, namun, posisinya masih di bawah US$ 30 per barel.

Dengan posisi tersebut, pemerintah sudah seharusnya melakukan evaluasi kembali harga Bahan Bakar Minyak (BBM) karena Indonesia banyak mengimpor BBM. Mengingat posisi BBM, khususnya premium tidak lagi diberikan subsidi oleh pemerintah, sedangkan solar sudah menerapkan skema subsidi tetap.

”Saya kira pemerintah harus lihat berapa harga minyak dalam negeri, luar negeri dan kurs,” saran Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Sri Adiningsih di Gedung Smesco, Jakarta, Minggu (24/1/2016), sebagaimana dilansir detikFinance.

Kurs menjadi salah satu poin pertimbangan untuk penentuan harga BBM. Hal ini dikarenakan BBM yang dikonsumsi di dalam negeri, sebagian besar berasal dari impor sehingga menjadi komponen penting dalam penentuan harga.

Dalam mekanismenya, pemerintah mengevaluasi harga? BBM setiap tiga bulan. Namun melihat kondisi seperti sekarang, bukan sebuah kesalahan bila evaluasi dipercepat karena akan memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan daya beli.

”Percaya deh, pemerintah akan lakukan yang terbaik untuk Indonesia,” ujarnya. (ee)

Ilustrasi. (f: detikFinance)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini