Dinsos Kerjasama dengan Baznas Siak, Tingkatkan Layanan Sosial

0

Dinas Sosial dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak menjalin kerjasama dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang sosial kepada masyarakat.

Kerjasama itu bertujuan untuk mengkolaborasikan data maupun kegiatan sosial meliputi bantuan korban bencana, warga tidak mampu dan bansos lainnya.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan atau MoU di Kantor Baznas Siak, Kamis (10/6/2021).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak, Wan Idris mengatakan kerjasama yang dimaksud untuk mempercepat pemberian dan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, sebab ada beberapa hal yang menjadi kendala dari Dinsos untuk realisasi pemberian bansos secara cepat.

“Intinya kita saling menyinkronkan data penerima bansos di Siak. Sekaligus berkolaborasi dengan Baznas dalam kegiatan sosial,” kata Wan Idris, Kamis (10/6/2021).

Ia menjelaskan, ada beberapa tahapan di Dinsos terkait penyaluran bansos itu, sehingga tidak dapat disalurkan secara langsung untuk penerima baru.

“Kalau di Dinsos ada tahap-tahapannya, misalnya diajukan nama penerimanya sekarang mungkin tahun depan baru masuk, atau dimasukkan dalam APBD-P. Tapi kalau di Baznas kan bisa langsung, apalagi masyarakat butuh cepat,” ungkapnya.

Ketua Baznas Siak, H Abdul Rasyid Pua Upa juga menilai kerjasama yang dilakukan dengan Dinsos ini sangat diperlukan. Ia mengatakan kegiatan sosial yang ada di Dinsos memiliki banyak kesamaan dalam pelaksanaan dan pengerjaannya.

“Kerjasama ini demi masyarakat untuk bergerak cepat dalam pelayanan di bidang sosial. Kami sangat peduli terhadap penanganan fakir miskin yang ada di Kabupaten Siak. Jadi diharapkan dengan adanya MoU ini, Baznas dan Dinsos dapat bekerja dengan maksimal dan merata dalam memberikan bantuan terhadap masyarakat yang membutuhkan,” katanya. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini