Bupati Suyatno: Masih Ada Kecamatan Potensial untuk Pengembangan Tanaman Pangan

0

BAGANSIAPIAPI, gomediaku.com-Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno Amp berharap kedepan Rohil bisa menjadi pusat percontohan dari program pemerintah pusat yakni meningkatkan swasembada pangan. Pasalnya, Selain masih memiliki lahan yang cukup luas juga sangat berpotensi dan cocok untuk dikembangkan dengan tanaman pangan berupa jagung, Padi, Talas dan kedelai serta palawija lainnya.

Menurut Suyatno, Kabupaten Rohil masih ada beberapa kecamatan yang lahannya berpotensi untuk pengembangan tanaman pangan. Di antaranya, kecamatan Pekaitan, Sinaboi, Kubu. Untuk Kecamatan Sinaboi tepatnya di Kepenghuluan Darussalam para petaninya sudah berhasil memanen jagung, ubi dan talas diatas lahan lebih kurang 113 Hakter (Ha).

”Nah, kalau ini terus dikembangkan maka tidak tertutup kemungkinan kedepannya kecamatan sinaboi itu nantinya bisa dijadikan sebagai pusat percontohan pengembangan swasembada pangan dan perekonomian masyarakatnya tumbuh maju serta berkembang dengan pesat,” kata Suyatno, belum lama ini di Bagansiapiapi, sebagaimana dilansir koranriau.net.

Selain Kecamatan sinaboi, Kecamatan lainnya seperti Pekaitan dan kubu juga memiliki potensi untuk dikembangkan. Untuk itu Dirinya meminta instansi terkait dalam dalam hal ini Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil untuk memaksimalkan kinerjanya.

”Perda alih fungsi lahan telah disahkan oleh DPRD Rohil, Jadi Kita harus menjalankannya dengan baik dengan bekerja secara maksimal. Karena perda itu dibuat dan disahkan tujaunnya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan tanaman pangan lainnya dalam rangka menuju swasembada pangan pada tahun 2017 mendatang,” pesan Suyatno. (ADV/HUMAS PEMKAB ROHIL)

(f: krn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini