Banjir Landa Rohul, Ribuan Rumah Terendam, Jalan Lintas Sumatera Terputus

0

ROHUL, gomediaku.com-Banjir kembali melanda sejumlah wilayah di Rokan Hulu. Bahkan Di Ibukota Pasirpengarayan, ribuan rumah terendam.

Banjir disebabkan hujan lebat yang mengguyur Kamis malam (10/12), sehingga mengakibatkan naiknya debet air Sungai Batang Lubuh.

Hanya dalam hitungan menit, ribuan rumah di tiga desa, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, yakni, desa Babussalam, desa Rambah Tengah Utara dan Pematang Barangan terendam air dengan ketinggian 1 sampai 2 meter.

Bahkan banjir juga sudah memutuskan akses di Kota Pasir Pangaraian, sebab air di Simpang Supra, Desa Babusssalam, kondisi air sudah menaik, bahkan sudah lewat 30 centi meter. Sehingga untuk kenderaan roda dua dan roda tiga sudah tidak besa lewat lagi.

Akibat banjir tersebut, masyarakat harus menggunakan jalan alternatif lewat jalan Lintas Lingkar kota Pasirpengaraian.

Terpantau dibeberapa titik ada yang ketiggian air sekitar 1, 5 meter sampai 2 meter, diperkirakan air masih terus naik. Sementara di lapangan hanya terlihat beberapa orang Anggota kepolisian dari Polres Rohul, sementara petugas lainnya belum terlihat lagi.

”Air begitu cepat naik pak, sehingga tak satupun barang-barang yang bisa diselamatkan, ini belum ada bantuan pak, beraspun sudah basah semua,” tutur Ani dengan nada sedih.

Warga Lain, Agus (40), seorang tukang ojek, terpaksa mengantar langganan dari Jalan Lingkar KM4 Pasir Pangaraian. ”Inilah pak, awak harus memutar ini, anak sekolah wajib kita mengantar anak sekolah ini, karena mereka kini ujian hari ini pak”” kata Agus sedih.

Tidak itu saja, bahkan di Desa Rambah Tengah Hulu (RTH-Pawan), Kecamatan Rambah, air juga menggenangi ratusan rumah warga, akibat meluapnya Sungai Pawan, sehingga masyarakat kini kondisi sudah kocar-kacir.

”Belum ada bantuan untuk di desa Pawan ini, pak, kami ingin supaya ada bantuan pak, sebab kami tidak bisa kerja lagi pak,” tutup Ria yang hendak mau pergi kerja di Pemkab Rohul.

Banjir Simpang Supra, Warung Barang Harian Warga Rohul Hanyut

Banjir di Simpang Supra Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), juga menghanyutkan sebuah warung barang harian milik warga setempat.

Warung berdinding papan yang terseret arus banjir adalah milik Ucok (43), warga Babussalam. Akibat kejadian itu, Ucok mengaku seluruh isi warungnya tidak terselamatkan.

Diperkirakan, pria itu mengalami kerugian sampai puluhan juta rupiah, tidak termasuk bangunan warung yang hanyut hingga di badan Jalan Tuanku Tambusai.

Warga sempat membantu Ucok mengevakuasi warungnya yang hanyut ke badan jalan tersebut. Namun seluruh isi warung tidak terselamatkan.

”Arus sangat deras, sehingga kedainya terseret air,” ujar warga kepada wartawan. (Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini