40 ASN Pemkab Inhu Ikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV

0

HUMAS, gomediaku.com-Sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) mengikuti Diklat Kepemimpinan tingkat IV angkatan I Provinsi Riau tahun 2016. Diklat yang dibuka secara resmi Plt Asisten Administrasi Umum Setda Inhu, Hendrizal, Selasa (12/7) di Gedung Sejuta Sungkai Rengat ini akan berlangsung selama 97 hari kerja.

Turut hadir pada acara pembukaan Diklat Pim IV tersebut, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Riau yang diwakilkan Kepala UPT Diklat H Damsal, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Inhu, Wardiati serta para kepala dinas yang sekaligus menjadi mentor para peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV.

Dalam laporannya Sekretaris BKD Inhu, Dedi Ekarya menyampaikan Diklat Pim IV ini diikuti 40 terdiri dari 25 laki-laki dan 15 perempuan. Peserta yang umumnya merupakan pejabat eselon IV ini akan mengikuti diklat selama 97 hari kerja terdiri dari 32 hari kerja klasikal atau on campus di BKD Inhu serta 65 hari non klasikal atau off campus di instansi masing-masing peserta. ”Diklat Pim IV pola baru ini bertujuan untuk membentuk kompetensi operasional para pejabat eselon IV dilingkungan Pemkab Inhu,” tambahnya.

Kepala UPT Diklat BKP2D Provinsi Riau, H Damsal menyampaikan bahwa Kabupaten Inhu merupakan kabupaten/kota pertama di Provinsi Riau yang melaksanakan Diklat Pim IV dan telah memperoleh persetujuan dari BKP2D Riau.

”Banyak perubahan yang signifikan dari pelaksanaan Diklat Pim IV pola baru ini, baik dari segi waktu, metode pembelajaran dan lainnya, sehingga saya minta kepada peserta serius mengikuti diklat karena kelulusan dapat saja ditunda,” ujarnya.

Ditambahkan Damsal, ada dua laporan yang harus diselesaikan oleh masing-masing peserta yakni seminar awal dan seminar akhir untuk menyelesaikan proyek perubahan dan diharapkan dapat diimplementasikan dalam melaksanakan tugas di instansi masing-masing.

Sementara itu, Bupati Inhu yang diwakilkan Plt Asisten Administrasi Umum Setda Inhu Hendrizal menegaskan bahwa ASN merupakan unsur penting dalam keberhasilan pembangunan. Karena itu, ASN harus memiliki kompetensi, yakin dengan diri sendiri dan jangan malu menyatakan jika ia bertugas di Kabupaten Inhu.

”Saya berharap seluruh peserta Diklat Pim IV ini dapat meningkatkan kompetensi, sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada masyarakat, sebab Bapak Bupati H Yopi Arianto dalam setiap kesempatan selalu menegaskan pentingnya pelayanan kepada masyarakat, bahkan beliau langsung turun dan hadir di tengah-tengah masyarakat,” tegasnya seraya menekankan prioritas utama peserta Diklat adalah peningkatan disiplin. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini