233 JCH Rohul Dilepas Plt Bupati ke Batam, 3 JCH Batal Berangkat, 2 JCH Menunggu di Batam

0

ROHUL, gomediaku.com-Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Minggu (14/8/2016), melepas keberangkatan 233 Jemaah Calon Haji (JCH) ?asal Rokan Hulu (Rohul) ke Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau.

Pelepasan ke 233 JCH dilakukan di bandara Tuanku Tambusai Pasirpengaraian dengan dua pesawat Wings Air. Penerbangan pertama mulai pukul 08.00 Wib, penerbangan kedua pukul 08.10 Wib, JCH pertama dan kedua sebelum diberangkatkan, mereka melaksanakan ibadah shalat Subuh di Masjid Agung Nasional Islamic Centre (MANIC) Pasirpengarauan, kemudian dilanjutkan penerbangan ketiga pukul 12.00 Wib, dan penerbangan terakhir pukul 12.10 Wib.

Saat melepas para JCH, Plt Bupati Rohul Sukiman mengimbau agar seluruh JCH Rohul selalu menjaga kesehatan selama berada di tanah Suci Mekah, karena kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam menjalankan ibadah haji.

”Bila tidak sehat, maka tentu sukit melaksanakan ibadah. Sehingga jangan sampai sakit, agar dalam melaksanakan ibadah di tanah suci lancar, nantinya bisa jadi haji yang mambrur,” imbau Sukiman.

Ia juga menghimbau seluruh JCH Rohul, selalu menjaga kekompakan, pasalnya ditanah suci, bukan hanya JCH Rohul saja namun JCH seluruh dunia yang berkumpul disana.

Kekompakan harus selalu dijaga, karna dengan kekompakan, seluruh JCH akan saling mengawasi dan memberitahu. Sehingga tidak ada ibadah satu pun yang tertinggal.

”Bila tidak kompak bahaya, bisa-bisa JCH jalan sendiri-sendiri. Akhirnya hilang, makanya ketua regu atau kelompok bis?a selalu menjaga kekompakan anggotanya selama di tanah suci,” tegasnya.

Sukiman menambahkan, ?dalam beribadah di tanah suci juga harus bersabar, karena semua akan berebut untuk beribadah. Sehinga kesabaran merupakan modal JCH dalam mendapatkan haji yang mabrur.

Diingatkan, seluruh JCH Rohul, kepergian JCH ke tanah Suci niatkan beribadah, jangan berekreasi. Namun, habiskanlah waktu selama di Mekah untuk beribadah kepada Allah. SWT.

”Manfaatkanlah kesempatan yang diberikan kepada kita semaksimal mungkin. Karena tak semua orang bisa menjalankan ibadah haji,” ajaknya.

Tiga JCH Batal Berangkat

Tiga JCH Rohul dinyatakan batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Seorang JCH gagal berangkat setelah menderita penyakit ginjal dan harus cek rutin, atanama Masnur MS (60) dari Kecamatan Rambah, dan Romida (45) asal Kecamatan Rokan IV Koto, kemudian seorang JCH lainnya jelang keberangkatan mengalami sakit asam urat atasnama, Siti Maryam asal Kecamatan Tambusai.

Semula, JCH Rohul yang masuk dalam daftar pemberangkatan haji tahun 2016 ini, 238 jemaah. Dimana 2 JCH dinyatakan tidak bisa diberangkatkan karena sakit, sedangkan seorang jemaah lagi mengalami sakit asam urat sehingga batal berangkat.

Pada pemberangkatan JCH Rohul dari Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pangaraian, dari jumlah 236 JCH yang akan diberangkat ke tanah suci tahun ini, berangkat dari Pasirpengaraian 233 JCH, sedangkan 2 JCH lagi menunggu dari Batam. Karena semula kedua JCH tinggal di Rohul dan kini pindah ke Batam, sehingga kedua JCH hanya menunggu dari Batam saja.

Penjagaan Bandara Diperketat

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pemberangkatan JCH kali ini kian diperketat. Bahkan para tamu pengantar JCH tidak bisa lagi bebas masuk ke area bandara Tuanku Tambusai, namun mereka cukup melihat pemberangkatannya dari batas pagar bandara saja.

Walau di area pintu masuk bandara di padati pengunjung yang akan mengantar keluarga dan sanak familinya, namun pintu menuju bandara dijaga ketat sehingga para pengunjung tidak bisa masuk.

Kiri kanan badan jalan menuju ke bandara Tuanku Tambusai termasuk areal parkir juga dipadati kendaraan keluarga para JCH. Kebanyakan kendaraan roda empat, baik kendaraan pribadi juga mobil pick up sehingga jalanan macet.

Saat rombongan JCH tiba di Bandara diangkut dengan bus dari MANIC Pasirpengaraian, suasana pengunjung kian membludak. Karena, umumnya pengunjung datang ke bandara karena ingin melihat pasawat terbang sekaligus melihat keluarganya berangkat ke Batam dengan pesawat Wing Air.

Nantinya menurut pihak panitia, setelah 235 JCH Rohul yang tergabung Kloter VIII menginap semalam di Asrama Haji Batam, Kepulauan Riau, Senin (15/8/2016) pagi, ke 235 JCH Rohul diterbangkan ke Madinah menumpangi pesawat Saudi Arabia.

Sebanya 235 JCH, menurut Plt Bupati Rohul Sukiman, nantinya juga akan dilepas dan diberangkatkaan ke Madinah, dari Bandara Hang Nadim Batam.

”Kita akan lepas JCH Rohul, nantinya kita akan hadir bersama para pejabat lainnya termasuk dari Forkompinda Rohul,” terang Plt Bupati Rohul Sukiman. (Adv/Hum/Yus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan Masukkan Komentarmu
Silakan Masukkan Nama Disini